Thursday, April 25, 2013

Success???

"wah selamat yah da punya banyak perusahaan; wah sudah sukses nech jadi orang, udah punya tanah berhektar2; wah sukses nech udah punya banyak mobil; wah udah sukses nech jadi orang, udah bisa nikah ama anak orang tajir...."

Jadi sebenernya apa sech sukses itu?  Memang kriteria sukses bagi tiap2 orang pasti beda2, tergantung dari masing2 individu. Kl dilihat dari paragraf diatas, keknya sukses tuch kalo udah jadi orang kaya yah? dan semua serba materiiii ajah...hufff. apa bener tuch yang dibilang sukses? 


Kemaren sempet ikutan course management diri dr kampus yg diadakan buat student PhD yg baru. Alhamdulillah, baru pertemuan pertama (nantinya kan ada 5 sesi pertemuan) tetapi bisa me-recharge kemalasan2 selama ini yg ada didiriku. Jadi di sesi kemaren kita coba mendefinisikan top success yg pernah kita alami  di masa 6 bln PhD ini. Jujur yah pertama2nya aku bilang kl aku blom dpt itu top success, secara masih 6 bln n masih meraba2 research aku, secara pula PhD ku kan gabungan ama consultancy jadi ngga hanya melulu research ajah, jadinya researchku rada lemot jalannya..hihihi..nyari alesan.  Tetapi temen diskusi aku bilang bahwa mengkombinasikan research ama consultant itu juga bisa merupakan top success aku, karena ngga semua orang bisa. Dengan mengkonbinasikan consultancy ama research itu, 2 hal yg berbeda, dalam waktu 6 bln ini, consultancy jalannnnn, dengan indikasi prof n client puas dg kerjaan, trus kerjaan research juga hampir 75% selesai untuk topic pertama ini *meski aku bilang aku punya target 2 topic selesai dlm setahun ini ;p ... maruuuuk*, kata dia itu juga udah bisa diindikasikan top success. iyah yah ..


Trus juga ada kasus temen lainnya, di 6 bln pertama ini dia udah bisa menghasilkan suatu penemuan yg subhanalloh keren banget. Dia berpikir itu belom top success, tapi bagi kami yg dia hasilkan itu udah sukses banget.  Ada lagi temen dlm waktu 6 bln ini dia udah bisa menghasilkan ini itu buat profesor ama perusahaan sponsor beasiswa dia. kata dia itu belom top success. tapiiiiii...kalo dilihat itu udah bisa jadi top success dia dlm waktu 6 bln ini. 

Pertamanya jujur ajah kami smua sangat sulit untuk menemukan top success dlm waktu 6 bln masa phd ini. yah itu karena kriteria kesuksesan yg jadi panutan kami ..huaaaaaaaa... sangat tinggi banget. Udah punya hak paten dimana2, papernya udah published di jurnal2 bergengsi yg bejibun banyaknya, ato kl bagi seorang researcher sukses itu kalo udah bisa meraih hadiah nobel? ngga juga khan?? dan sukses tuch ngga hanya melulu tentang materi khan???. 

Menurut aku, kriteria sukses emang beda tiap orang, bisa saja kita berpikir kita belom sukses tapi orang lain bilang kita udah sukses. ataupun kebalikannya, kita mengira kita udah sukses tapi orang lain bilang itu belom. Menurut aku kriteria kesuksesan itu ada pada kepuasan hati individu setelah dia mendapatkan apa yg dia inginkan. Misalkan seorang programmer telah sukses membuat program tanpa error warning, dan dia puas banget akan hasil itu, menurut aku itu juga top sukses. 

Menurut aku sech intinya kesuksesan erat kaitannya ama rasa bersyukur atas segala karunia yg diberikan Alloh sama kita. Kl kita udah bersyukur, itu artinya kita udah punya top success dalam diri kita. Semakin banyak kita bersyukur, semakin banyak pula list top success dalam diri kita. Alhamdulillah a'laa kuli haal ...

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu”. (Ibrahim: 7)


No comments:

Post a Comment