Wednesday, April 3, 2013

Prosedur Beasiswa VLIR-UOS

Banyak teman yang mengirimkan email menanyakan tentang prosedur beasiswa VLIR-UOS, dari kelengkapan dokumen2 sampai trick2 mendapatkannya. Well, disini coba aku rangkum yg aku ketahui based on pengalaman aku 2 thn silam. Pls Check it out!

#1. Apaan tuch VLIR-UOS Scholarship?


Apa sech beasiswa VLIR-UOS? pasti banyak yang belum mengetahui. Yup, dulu saya juga tidak mengetahui sampai seorang teman memberi tahu (cek serita saya disini). Well, singkatnya, beasiswa VLIR-UOS adalah beasiswa dr pemerintah belgia bagian Flanders yang ditujukan pada negara2 berkembang. Negara2 yg masuk criteria bisa dilihat di link ini.  Jatah terbesar beasiswa VLIR ditujukan untuk negara2 kawasan Afrika (75%), jadi jangan heran kalo nanti teman2 sekelasnya mostly orang Afrika :D. Dari link tersebut juga bisa diketahui eligible criteria untuk pelamar beasiswa VLIR. 




Setiap tahunnya, ada sekitar 16-20 orang yang diterima per jurusan yang ditawarkan. Kenapa saya bilang jurusan yang ditawarkan, karena skema dr beasiswa VLIR memang seperti itu. Jadi mereka dr awal sudah menetapkan jurusan berikut universitasnya yang bisa mendapatkan beasiswa, jadi ngga sembarangan jurusan. Jurusan/program2 yang ditawarkan bisa di lihat disini

Untuk beasiswa VLIR sendiri ada beberapa tipe: ITP (International Training Program), Master ICP (International Course Program), PhD ICP. Nah untuk yang master ICP ada yang setahun atau 2 thn. Untuk PhD ICP hanya dikhususkan bagi alumni master ICP (enak khannn? dari master ada kemungkinan untuk dpt PhD ICP juga..hehe.. diprioritaskan ceritanya ;p). 
Untuk informasi masing program bisa dilihat disini.

Untuk masalah allowance, well menurut aku beasiwa VLIR ini udah termasuk yg paling gede loh dibandingkan dengan beasiswa yang lain (Stuned, DAAD, Erasmus *gedean erasmus dikit tapi ada beberapa keuntungan dr VLIR*). Kamu akan dapet  alllowance  awal kedatangan n per bulan, tiket berangkat n pulang, allowance buku, allowance spouse n children (ini ngga ada di skema beasiswa lainnya loh), allowance summer holiday (buat master yg 2 thn, n ini juga ga ada di skema beasiswa lainnya :p), allowance buat kirim barang kl udah kelar, dll. Untuk lengkapnya bisa dicheck disini.

Dan menurut saya yang paling enak dr beasiswa VLIR ini adalah : TAK ADA WAWANCARA. hehehe (tapi skr ada univ yg mengadakan wawancara untuk selection prosesnya) ... Jadi cuman ngirimin dokumen ajah, n tunggu dech pengumumannya. Gampang khan? :D. makanya ayo lamar beasiswa VLIR yak.. Dan juga pegawai swasta bisa ngelamar loh, jadi ngga harus PNS / yg kerja di NGO ajah. yah memang sech yg lebih diutamakan adalah government employee / yg kerja di NGO, tapi pasti ada peluang juga pegawai swasta. 

Waktu dibukanya beasiswa VLIR setiap tahun selalu tetap. Dari 1 October - 1 February. jadi kl ngirim aplikasinya yah at least 1 ato 2 minggu sebelum 1 Feb lah.

#2. Cara Mendaftar beasiswa VLIR-UOS

OK, sekarang gimana sech cara ngedaftarnya? caranya gampang banget, bener2 gampang. Cuman buka wesite VLIR-UOS disini. dari situ kamu akan diarahin ke daftar program2/jurusan yg dicover ama beasiswa VLIR. Setelah milih jurusan kamu akan diarahin ke link universitas sesuai jurusan yg diplih. Isi online application n upload dokumen yg dibutuhkan. Setelah semuanya kelar print application dr website tadi. Kirim dokumen2 yg dibutuhkan beserta application letter yg di print tadi ke universitas yg dipilih. Thats all!.

#3. Dokumen2 yang dibutuhkan

Dokumen2 disini sangat berperan penting, karena yg aku jelasin tadi skema beasiswa VLIR ga pake wawancara, jadi kamu mosti bener2 mempersiapkan dokumen2 yg dibutuhkan dengan matang. Ok, apa ajah sech dokumen2 yang dibutuhkan untuk melamar beasiswa VLIR?
  • Motivation letter
INi adalah dokumen yg kataku paling penting dipersiapkan jauh2 hari serat dipikirkan masak2. Istilahnya motivation letter adalah ruh dr applikasi kita. Yang paling penting dr motivation letter ini adaalh gimana kita bisa mengaplikasikan ilmu yg kita dapet nantinya buat ngebangun negara kita tercinta #eaaaa.  Intinya sech ilmu kita entar berguna ngga buat bangsa kita. Disini kita wajib untuk jago "ngecap", maskudku ngecap yg positive loh yah jadi ngga bluffing ajah n mosti sesuai realita yg ada.

Banyak contoh motivation letter di internet, kamu bisa ambil n sesuaikan dengan kondisi yg ada pada diri kamu. Koreksi n masukan dr beberapa teman juga sangat dianjurkan, jadi bisa  menambah apa2 yg kurang yg blom kecover ama kamu. Bisa juga khan teman2 tadi ngecheck kalimat n gramar di motivation letter itu khan??
  • Recommendation letter
Recomendation letter yg disyaratkan min 2 buah. Plih ajah kira2 siapa2 yg bisa ngasih rekomen yg bagus buat kamu. Kl aku dulu aku minta satu dari pembimbing skripsi wkt S1 n ama bos di kantor. 

VLIR ngga punya format tersendiri untuk rec letter ini, jadi itu terserah dr kita/orang yg ngasih rekomendasi ke kita. Ada juga yg sudah punya formatnya, seperti kasus aku dulu. Mantan pembimbing skripsiku udah punya formatnya, jadi beliau langsung ngisi gt. Ada juga kasus kitanya yg disuruh bikin suratnya, entar baru si pemberi rekomendasi yg tanda tangan. Untuk kasus ini, usahakan untuk selalu mengkomunikasikan isi surat dg pihak pemberi rekomendasi.
  • Grading system document
Mengenai dokumen grading system ini, sebenernya hanya untuk konversi dr para jury beasiswa, shg mereka tahu n bisa membandingkan dengan grading system di Belgia. Di belgia sendiri grading systemnya menggunakan sistem credis etcs (1-20 point), sedang di Indonesia menggunakan sistem 1-4 point. Berikut aku lampirin grading system yg aku pake dulu waktu ngelamar beasiswa VLIR. Ini untuk grading system IPB ajah, mungkin bisa beda dengan universitas lainnya.


  • English proficiency document
Standar yg ditetapkan VLIR untuk english proficiency sama ajah dengan beasiswa yg lain. TOEFL min 550 atau IELTS 6,5. Sekedar bocoran ajah yah, dulu aku cuman pake Institutional TOEFL ajah loh (yang 350 rb RUPIAH teaa), bukan pake yang International TOEFL (yg 150 DOLAR tea)...hehehe. Tp alhamdulillah bisa juga ketrima. Tapi mungkin kondisinya per univ lain2, jadi selalu tanyakan pd CP per univnya.
  • English Translation for diploma secondary school and bachelor degree yg udah dilegalisasi
Ijazah n traskrip SMA serta S1 sangat diperlukan n most ditranslate ke bhs Inggris (kl kasus yg blom ada ijazah englishnya). Untuk di IPB sendiri, sudah disediakan english translation transcript and diploma, jadi lumayan banget bisa membantu. Untuk yg ijazah n traskrip SMA dulu aku translate ke bhs inggris di translater yg tersumpah. Coba cari di masing2 kota pasti ada.

Ada beberapa univ yg mensyaratkan agar dokumen2 ini (transkrip n ijazah ) mosti pake legalisir ama kedutaan belgia di jakarta. Aku garis bawahi ada beberapa, jadi ngga smua univ yg membutuhkan legalitas dr kedutaan. Untuk kasus di univ aku dulu (Hasselt Univ) ga dibutuhin yg pake legalitas kedutaan, meskipun aku dulu udah ngelegalisasi ampe kedutaan juga sech, jadinya ga kepake, kan sayang khan?. Makanya selalu tanya ke univnya butuh legalitas kedutaan juga ngga buat transkrip n ijazahnya, kl ngga mah ngga usah ajah .. hehe (soalnya ribet bet bet bet ngurus legalisasinya..entar aku share juga dech gimana caranya ngelegalisasi dokumen ampe ke kedutaan)

#4. Pengiriman dokumen

Jika semua persyaratan dokumen ama applikasi udah diisi, segera kirim dokumen2 tsb ke univ yg dituju. Kareda deadline tgl 1 feb, yah at least ngirimnya 1 ato 2 minggu sebelum lah biar aman n ngga deg-degan. Dulu aku pernah pake DHL ama EMS pos Indonesia. Menurut pengalamanku DHL emang lumayan mahal tapi bisa door to door n 3 hari nyampe. Untuk EMS, emang tarifnya jauuuh lebih murah tapi dulu aku punya pengalaman yg bikin deg2an banget. hehehe..
So cari perush pengiriman dokumen yg terpercaya n bisa ditracking pastinya.

#5. Pengumuman

Pengumuman hasil seleksi, untuk VLIR biasanya di bulan2 Mei/June. Nanti kandidate yang terpilih akan mendapatkan email konfirmasi diterima/tidaknya sbg awardee VLIR. Untuk yg tidak diterima, biasanya sudah dikirimkan terlebih dahulu LOA dr univ kalau memenuhi syarat sbg mhs tapi TIDAK mendptkn beasiswa. JAdi buat teman2 yg galau karena teman lainnya udah mendapatkan LOA tapi kamu blom, ada kemungkinan kamu yg akan diterima beasiswanya. Diterima beasiswanya udah pasti dapet LOA. :p. JAdi bersabar saja..

#6. Doa Doa Doa n Doa

yup. itu adalah jurus terakhir untuk memaksimalkan ikhtiar kita bukan? minta doa ama ortu, kakak, ade, nenek, kakeh, teteh, aa, n smua2nya agar kita bisa diterima. hehee..

So keep fighting yah bagi para pencari beasiswa.. Smangaddddd!!!!





20 comments:

  1. mbak, aku baca di website Vlir, katanya Pemerintah Belgia belum menyetujui alokasi anggaran bagi VLIR, sehingga banyak program belum bisa dijalankan (bahkan ada yang terancam dipulangkan bagi yang sudah jalan).
    ehm... aku skg lagi nunggu pengumuman hasil seleksi beasiswa VLIR yang katanya mau diumumkan pada 15 Mei (untuk akademik) dan tanggal 30 Mei (untuk yg beasiswanya). Sebenarnya jadwal pengumuman yang fix itu bakal molor ga ya? skg tanggal 16 Mei, namun aku belum dapat email apakah lolos kualifikasi apa ngga. apa harus nunggu sampai tanggal 30 ya. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ang, aku juga baru baca beritanya setelah kamu kasih tahu tadi. Hmm ... tapi sepengetahuan aku sech beasiswa VLIR UOS tetep akan berjalan, karena ini bentuk "balas budi" mereka ;). Mungkin alokasinya saja yang dikurangi, dari 16 awardee setiap jurusan ke jumlah yg lebih kecil (mungkin 10-13). Kl dipulangkan? keknya ngga juga lah, kan dr awal udah ada "kontrak" ke masing2 student yg ketrima kl segala bentuk akmodasi selama kuliah akan disedian oleh pihak VLIR-UOS.

      Pengumumannya sech may akhir ampe juni awal. Entar kamu akan dapat email whether kamu diterima beasiswanya atau ngga. Yg ngga ketrima beasiswa biasanya udah dpt email duluan (ada beberapa teman yang sudah menerima email bhw mereka tidak diterima beasiswa).

      Sukses yah..

      Delete
    2. wah... makasih jawabannya yang super.
      ehm.. dengan beasiswa yang diberikan sekitar 1300 euro per bulan, cukup ga ya kalau bawa keluarga? perlu deposit gitu ngga mbak? pengen bawa keluarga (istri dan satu anak) jika diterima beasiswa ini.

      Delete
    3. kl cukup tidaknya itu tergantung masing2 individu, kl buat single beasiswa segitu termasuk tergolong besar a.k.a bisa hidup mewah kl di belgia (kosan bagus, jalan2 terus saben bulan :p, makan tercukupi). Kl untuk keluarga, sepengamatan saya, teman2 yg bawa keluarga (dengan anak 1-3) dg beasiswa VLIR sangat bisa survive, even buat mereka yg beasiswa lebih kecil dr VLIR, yg saya liat bisa survive, kebutuhan tersierpun terpenuhi (red. jalan2 :p). Tapi saya ngga tahu yah bagaimana mereka memanagenya .

      Delete
  2. Dear Mba Ninochan, aku baru tahu ada beasiswa ini.. berarti kalo aku mau coba, persiapkan dari sekarang ya berkasnya karena i oktober 2013 baru akan dibuka kembali..
    kemudian yang ingin saya tanyakan apakah ada formulir yang harus disediakan ?? dan kemudian apakah saya bisa melihat berkas2 apa saja yang harus disiapkan sebagai contoh, jika mba tidak keberatan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi intan, salam kenal juga. Iyah kl mo ngelamar berkas2 mosti udah dipersiapkan dr jauh2 hari. Dokumen2 apa ajah yg diperlukan bisa dilihat di website vlir ato masing2 pilihan jurusan yg diinginkan. Seingat aku dokumen2 yg mosti dipersiapkan : toelf, recomendation letter, motivation letter,translated ijazah/transkrip, dll. Untuk formulir, dari setiap universitas akan menyediakan form online-nya.
      Sukses yah

      Delete
  3. Dear Mba Nino,
    Mau tanya dikit nih, aku baru aja browsing ttg vlir-ous ini. Untuk applikasi 2014 intake kan baru dibuka 1 oktober nanti. cuma kalau aku gak salah kita harus apply ke jurusan yang kita mau dulu sebelum kirim aplikasi beasiswa vlir-uos ini. Nah, aku sudah buka jurusan yang aku tertarik, disana disebutkan kalau aku harus pre-apply dulu, first round selectionnya 1 April dan second round selectionnya 1 May. berarti kl mau apply untuk tahun 2014 aku udah telat ya...:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi elvi,
      in syaa Alloh ngga ko, kan baru dibukanya oct 1st, kl yang April ama may itu buat self funding kl ngga buat EU student.

      Delete
  4. misi mbak, mau tanya juga ya... motivation letter d itu bagusnya terdiri dari berapa kata ya mbak? kalau mbak nino sendiri waktu apply, bikin surat itu panjangnya segimana? :) atau kalau boleh, saya boleh minta salinan motivation letter yg mbak nino pakai tidak?
    makasih ya mbak sebelumnya... salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, kamu bisa liat motivation letter aku disini :
      http://triaswahyuni.blogspot.be/2013/06/motivation-letter-que.html

      Delete
    2. makasih banyak ya mba udah bantu kasih contoh motivation letter :)
      mau tanya lagi dong mba... saya kan udah selesai isi dan submit pre-applicationnya. nah itu kira2 berapa lama ya waktunya (atau paling lambat kapan, seharusnya) sampai saya diemail oleh pihak sana tentang apakah saya academically accepted atau tidaknya? kalau mba nino sendiri waktu daftar dulu berapa lama nunggunya sampai dikasih email berisi link application formnya? :)

      Delete
  5. permisi mbak,
    yang freshgraduated bisa gak mbak ikut beasiswa ini makasih?

    ReplyDelete
  6. Hii mbaa,..salam kenal yaa...yg dimaksud spesimen itu apa ya?

    ReplyDelete
  7. Hai mba salam kenal... ada batasan usia Nda ya buat beasiswa nya.. trims

    ReplyDelete
  8. Hai mba salam kenal... ada batasan usia Nda ya buat beasiswa nya.. trims

    ReplyDelete
  9. mba... may i have your email, please! :)
    thank you

    ReplyDelete
  10. Dear mbak trias, sharingnya bermanfaat sekali :) mohon infonya mbak untuk grading scale, apakah mbak kirim dalam bentuk official letter yang terpisah dari transkrip ataukah dalam bentuk tabel saja seperti yg mbak tampilkan di postingan ini? Karena sebenarnya di transkrip sudah ada keterangan grading scale ya. Terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  11. Terima kasih mbak atas artikelnya, saya juga sebentar lagi jadi awardee sdh final selection,
    Bgi kwan2 yg berkeinginan kuliah di UGhent Nematology, bisa klik d blog ri bawah ini
    https://akhsansrojan.blogspot.co.id/2018/03/apa-saja-yang-ditanggung-beasiswa-vlir.html?m=1

    ReplyDelete
  12. Assalamualaykum mba ninochan, perkenalkan saya Diana, mba saya boleh minta kontaknya tidak untuk tanya-tanya tentang beasiswa vlir-ous? dan ini email saya mba, diana.novia.m@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  13. Sebelumnya terima kasih banyak buat sharing nya mbak, sangat bermanfaat. Mbak boleh sharing kontaknya gaa? Ataupun email nya untuk menanyakan beberapa hal terkait beasiswa ini. Semoga mbak ninochan bersedia. Ini email saya mbak : oktad72@gmail.com. terimakasih banyak sebelumnya Mbak.

    ReplyDelete