Tuesday, April 9, 2013

Elephant Chain by Jamil Azzaini

Pengen sharing diblog ini cerita yg aku dpt dari video motivator yg paling aku suka, Pak Jamil Azzaini (JA).  So begini ceritanya: *jangan lupa sediain snack n teh anget, gorengan juga boleh krn ini bakalan laaamaaa :p*

Pada tahu ngga gimana gajah liar dijinnakkan ama pawang gajah?
Jadi ketika gajah liar ditangkap  (dengan cara ditembakkan obat bius), gajah pingsan tadi diletakkan di bawah pohon/tiang yg super duper besar *lebay*, pokoknya gede ajah ngelebihin besar gajahnya dan dikaki si gajah dikasih rantai kapal biar si gajah ga lepas. Karena si gajah liar ini habit awalnya lari kesana kemari buat nyari makan (baru tahu aku kalo gajah bisa lari sampai 40 km dlm sehari atau bahkan lebih), maka si gajah yg diikat tadi mencoba untuk melarikan diri, tetapi belum sempat berlari si gajah sudah jatuh duluan dikarenakan kakinya yg diikat di pohon besar tadi. Si gajah melakukan itu berkali2, berkali2 diapun terjatuh. Setelah itu si pawang memberi makan si gajah tadi. Setelah cukup kenyang n punya tenaga (tahu kan kl gajah punya 50 rb otot dibadannya? aku juga baru tahu :p), dengan kekuatan yg super dupernya tea si gajah mencoba untuk melarikan diri lagi, tetapi tetap saja dia terjatuh n terjatuh lagi, sampai akhirnya si gajah kecapean n si pawang memberi makan si gajah setelahnya. Rutinitas itu terus berlangsung berulang2, sampai kira2 2-3 mingguan si pawang melepas rantai gajah n menggantinya dengan tali rafia. 
Pic Source: here

Setelah itu si gajah ngabur ngga? kaga ternyata. Si gajah tetep ajah berdiri di bawah pohon gede tadi meski rantai kapal di kakinya telah diganti ama tali rafia. Memang rantai kapal di kakinya udah ngga ada, tapi rantai  kapal si gajah tadi udah berpindah ke pikirannya. "Entar kl aku coba berlari pasti akan jatuh lagi, buat apa lari juga orang saben hari si pawang ngasih makanan jadi aku ngga perlu susah2 nyari makanan lagi" itu yg ada di pikiran si gajah. 

Begitu pula dengan kita, manusia. Ketika kita punya mindset yg tidak memungkinkan kita untuk maju n berkembang, kita akan terus2an diposisi ituuu mulu. Ga ada usaha yg kita lakukan untuk merubah mindset tsb, akhirnya apa coba ? yup bener kawan kita akan jadi manusi yg monoton, ga berkembang. Misalnya nech ada orang tidak mampu, sebenernya dia  ingin berubah, tapi di mindset dia karena kakek n bapaknya kurang mampu juga akhirnya dia juga berpikir bahwa garis keturunannya orang ngga mampu, sehingga dia tidak berusaha untuk merubah nasib dia. Sebenernya dia bisa untuk merubah nasibnya dengan kerja keras n memaksimalkan kemampuan yg dia punya, sehingga masa depan cerahpun akan menghampiri. Banyak inspirasi cerita seperti ini: ex: Iwan setyawan, anak tukang angkot di Batu yg berhasil menjadi direktur di New York *beliau kakak kelas aku dr SD-SMA n STK IPB loh :D* ), Pak JA juga begitu, dan masih banyak yg lain *entar aku ceritain cerita orang dekat aku juga dech*.

Cerita lain lagi ada seorang anak yg pengen banget biar bisa dapet beasiswa sekolah ke LN tapi dia kepentok nilai TOEFL dia yg belom memungkinkan. Di mindset dia, menaklukan TOEFL ajah ngga bisa, diapun ngga akan bisa ngegolkan impian dia sekolah di LN, mimpi akan hanya sekedar mimpi. Tapi beda kl dia punya keyakinan bahwa dia bisa menaklukan TOEFL tadi, impian sekolah di LN juga akan jadi kenyataan. Seperti ceritaku juga, bisa dilihat disini :D.

Misalkan lagi kita pengen banget nge-umrohin/ngehajiin ortu kita, tapi kita ngga punya duit jadi ngga akan bisa melaksanakan keinginan itu. Singkirkan mindset ngga punya duit dr pikiran kita n ubah menjadi "BISA meng-umrohkan/hajikan ortu", coz u know what? umroh/ haji itu faktor terbesarnya adalah niat, niat, niat dan doa. Jadi BUKAN duit. Karena kalo kita punya niat n selalu berdoa, In syaa Alloh, Alloh akan mengabulkannya. itu bener2 terjadi loh. Tahu ngga kalo sebagian besar jamaah haji yg dr Indonesia itu (mungkin dr negara lain juga) berasal dari kalangan menengah kebawah? Ini bener2 fakta loh. Karena duit pun mereka ngga punya, yg mereka punya cuman niat n doa. Makanya kalo ada niat plus doa, adaaa ajah cara kita bisa umroh/naik haji. Alloh Maha Kaya kawan!! Jadi kalo pengen naik haji/umroh, jangan nunggu kaya dulu yah ...keburu telat entar seperti cerita dibawah ini:

Pic Source: here
Makanya kawan, kalo kamu punya sesuatu keinginan, singkirkan rantai gajah dipikiranmu dulu. Karena bagaimanapun juga rantai gajah ini akan selalu menghantui. Ganti rantai gajah tadi dengan keyakinan bahwa kamu bisa meraih apapun yg kamu inginkan. in syaa Alloh keinginan itu akan terlaksana. 

Source video Pak JA : disini

1 comment:

  1. Yeah, we will do that sister :)
    Am happy hear that, cause i have so many friends in the world who have a big dream.

    you know, this is first time I opened and read your blog, but I am really interested about your wrote.and they give me more spirit.

    nice to meet you sister :)
    make our dream happen.Amin

    ReplyDelete